Selasa, 12 Mei 2020

Keuntungan Bagi Peminjam dan Investor yang Menggunakan Platform P2P


Peer to peer lending atau P2P adalah tempat bertemunya peminjam dengan pemberi dana (investor). Pendanaan peer to peer kini hadir dengan sistem online sehingga makin mudah diakses oleh siapapun. Pendanaan p2p online memungkinkan terjadinya simbiosis mutualisme atau hubungan saling menguntungkan  antara peminjam dengan pemberi dana (investor).

Manfaat Investasi Peer to Peer Lending

Saat Anda ingin memulai sebuah investasi, Anda akan sangat mempertimbangkan manfaatnya, bukan? Apakah menguntungkan? Apakah keuntungan yang didapatkan akan besar? Sebagian orang yang sudah bergabung dalam investasi pendanaan p2p lending ini merasa puas, baik sebagai investor maupun peminjam, karena sama-sama diuntungkan. 

Pendanaan peer to peer sangat bermanfaat bagi peminjam untuk kepentingan usaha, terutama di bidang bisnis UMKM. Bagi investor, investasi p2p lending ini merupakan bentuk investasi yang menjanjikan dengan besaran keuntungan yang cukup menggiurkan. 

Amartha.com dapat menjadi solusi tepat bagi Anda yang tertarik dengan pinjam-meminjam pendanaan p2p lending, baik sebagai peminjam maupun investor. Amartha.com merupakan perusahaan p2p lending berbasis online yang terjamin, resmi, dan sudah berada di bawah pengawasan OJK. Amartha.com menerapkan sistem pendanaan secara kelompok untuk menguatkan semangat kerja sama apabila terjadi kredit macet.

Peer to Peer Lending bagi Peminjam

Karena tersedia dalam bentuk aplikasi online, sebelum Anda melakukan pinjaman, Anda harus membuat akun terlebih dulu. Ikuti alur pendaftaran akun dengan teliti. Isi dokumen yang diminta sebagai syarat registrasi akun. Dokumen harus diisi dengan lengkap supaya pengajuan pinjaman dana Anda dpat diterima dan bisa diproses.  

Hampir sama dengan pinjaman koperasi tanpa jaminan, untuk mengajukan pinjaman dana online, sebagai peminjam Anda harus memenuhi syarat yang ditetapkan oleh perusahaan penyedia jasa pinjaman online. Berikut kriteria peminjam pendanaan online p2p secara umum. 

  • Merupakan Warga Negara Indonesia
  • Minimal berusia 21 tahun
  • Memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku dan valid
  • Memiliki rekening bank
  • Memiliki sumber penghasil tetap
  • Memiliki laporan keuangan yang baik minimal selama 3 (tiga) bulan terakhir
Syarat tersebut hanya secara garis besarnya saja. Beberapa perusahaan penyedia jasa pinjaman tanpa agunan online mematok syarat yang bisa saja berbeda sesuai kebijakan yang berlaku di setiap perusahaan.

Setelah berhasil membuat akun dan sudah terverifikasi, pengajuan pinjaman dana akan diproses. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk proses pencairan dananya. Beberapa platform pinjaman dana online bahkan memproses pencairan dana hanya dalam hitungan hari saja. 

Sebagai peminjam, Anda harus memiliki skor kredit yang mumpuni. Besaran pendapatan Anda akan menjadi bahan pertimbangan bagi penyedia jasa pendanaan online p2p dalam menentukan jumlah dana yang bisa Anda pinjam, suku pinjaman bunga rendah, dan tenor. Pilihlah perusahaan pendanaan peer to peer yang menawarkan suku bunga rendah.

Peer to Peer bagi Investor

Pendanaan p2p lending dapat Anda jadikan langkah awal memulai investasi dengan hasil menjanjikan. Anda dapat memulai investasi p2p dengan modal rendah. Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp100.000,00 saja, Anda bisa berinvestasi. 

Pendanaan online p2p melalui aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk memiliki kendali penuh terhadap calon peminjam. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menjadi investor pendanaan p2p. 

  1. Mengisi data diri selengkap-lengkapnya, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan nomor rekening bank yang Anda miliki. Untuk mulai memberi dana, Anda harus menunggu hingga akun terverifikasi oleh sistem aplikasi yang Anda gunakan. 
  2. Memilih calon peminjam sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan. Periksa data diri dan laporan keuangan dari calon peminjam sebagai bahan pertimbangan untuk menghindari risiko kerugian akibat gagal bayar.
  3. Anda akan mendapatkan prediksi dan laporan tiap minggunya, mengenai besaran pembayaran pokok, margin, dan suku bunga yang dibebankan pada peminjam. Dana yang Anda peroleh dari investasi ini dapat gunakan lagi untuk mendanai peminjam atau ditarik.
Untuk melindungi masa depan Anda, mulailah untuk berinvestasi. Anda bisa memulainya dengan mencoba investasi pendanaan p2p lending yang menawarkan sejumlah keuntungan. Carilah info sebanyak-banyak untuk meyakinkan diri Anda untuk terjun ke investasi yang menjanjikan ini.


EmoticonEmoticon