Kamis, 26 Maret 2020

Mengenali Gejala Corona Dan Menyikapinya


Wabah penyakit menular memang memilliki dampak yang sangat membahayakan bagi masyarakat. Beberapa tahun yang lalu dunia sempat diguncangkan dengan wabah penyakit MERS. Dan saat ini dunia kembali diguncangkan dengan penyakit menular mematikan yakni corona atau yang biasa dikenal dengan covid-19. Wabah penyakit ini bermula dari suatu kota di China yakni Wuhan. Namun penularannya hingga kini sudah sampai di beberapa negara lainnya termasuk di Indonesia. Sebagai warga Indonesia yang baik memang sejak awal munculnya penyakit ini seharusnya anda senantiasa menjaga diri agar tidak lantas terinfeksi dengan penyakit yang satu ini.
Penanganan pasien covid-19 sendiri cukup sulit mengingat penularan dari virus ini sangatlah mudah dan cepat. Tidak heran jika pemerintah Indonesia saat ini sudah mulai memberlakukan metode work from home dan study from home. Metode ini juga sering dikenal dengan lockdown. Proses lockdown secara umum dilakukan selama 14 hari sesuai dengan pergerakan virus corona saat menginfeksi tubuh. Jika selama 14 hari tersebut kondisi tubuh baik-baik saja maka dapat dikatakan bahwa orang tersebut tidak terinfeksi virus corona. Sebaliknya jika dalam 14 hari kemudian kondisi menunjukkan gejala seperti flu atau demam maka bisa jadi seseorang tersebut telah terinveksi virus corona. Maka segeralah periksakan diri ke dokter. 
Namun dalam situasi seperti ini anda tidak perlu merasa panik dan khawatir. Gejala flu biasa dan demam biasa tentu memiliki perbedaan dengan gejala yang ditunjukkan pada covid-19. Untuk itu anda harus tahu bagaimana gejala covid-19 sehingga anda tidak mudah panik khawatir. Di bawah ini bisa anda simak beberapa gejala covid-19 :

1. Demam tinggi

Demam yang dialami penderita virus corona ini bisa melebihi 38 derajat celcius. Gejala demam ini juga kemungkinan besar akan dialami oleh mereka yang baru saja bepergian dari tempat terinveksi. 
  

2. Pilek

Karena menyerang sistem pernafasan, virus corona juga menunjukkan gejala pilek pada saat menyerang. Namun secara umum pilek yang dialami penderita virus corona ini disertai dengan hidung meler yang mengeluarkan caira berlendir dan berlangsung dalam beberapa hari. 
  

3. Batuk kering disertai sakit tenggorokan

Gejala batuk juga ternyata dialami oleh penderita corona. Namun batuk yang dialami terinjeksi bukanlah batuk yang mengeluarkan dahak namun batuk kering. Biasanya berujung dengan tenggorokan yang terasa sakit dan juga nyeri. 
  

4. Tubuh terasa lemah dan lesu

Memang secara umum penderita demam biasa pun bisa mengalami kondisi yang lemah dan lesu. Gejala tubuh yang lemah yang mana juga dialami oleh penderita covid-19 ini juga hampir sama dengan kondisi lemah yang dialami penderita demam biasa. 
  

5. Nafas pendek

Virus corona memang pada dasarnya merupakan virus yang menyerang bagian pernafasan. Tidak heran jika pada kondisi orang yang terinveksi maka akan mengalami gangguan pernafasan yang ditandai dengan sesak nafas atau nafas pendek. 
Jika anda mengalami beberapa gejala seperti yang telah disebutkan di atas maka ada baiknya adan segera memeriksakan diri ke dokter. Untuk menghindari dan mencegah diri dari gejala virus corona maka ada banyak hal yang perlu anda lakukan. Salah satunya adalah membuat perlindungan diri dengan menjaga imunitas tubuh. Selain itu ada juga bisa menggunakan alat perlindungan diri yang bisa dalam bentuk masker, hand sanitizer, dan lain sebagainya.
Tidak hanya itu, anda juga bisa mengenakan topi anti corona yang saat ini dibuat secara khusus untuk melindungi bagian kepala dan muka dari kontaminasi orang-orang yang mungkin terjangkit yang ada di sekitar anda.


EmoticonEmoticon