Selasa, 28 Januari 2020

Ini 4 Alasan Mengapa Harus Membeli Mobil di Balai Lelang





Tak jarang orang-orang memilih membeli kendaraan khususnya mobil di balai lelang. Karena ternyata, membeli mobil di balai lelang mendatangkan berbagai keuntungan yang tak bisa Anda dapatkan jika membeli mobil secara langsung di dealer. Lalu apa saja alasan mengapa Anda harus mencoba membeli mobil melalui lelang? Inilah 4 alasannya!

1.    Menyajikan Pilihan Mobil yang Beragam

Alasan pertama mengapa Anda harus membeli mobil melalui lelang, karena lelang mobil menyajikan mobil dengan pilihan dari beragam merek dan tipe mobil. Jika Anda masih bingung menentukan pilihan, datang langsung saat open house sebelum lelang berlangsung dapat membantu Anda untuk dapat menentukan pilihan. Selain itu, mobil yang ditawarkan juga memiliki harga kompetitif, dan tak jarang harga mobil di balai lelang justru jauh lebih murah dari harga mobil di pasaran. 

2.    Dapat Mengecek Langsung Fisik Kendaraan

Saat Anda ingin membeli mobil baru, tentu hal penting yang wajib dilakukan adalah melihat kondisi fisik kendaraan. Melalui lelang mobil, memungkinkan Anda untuk melakukan pengecekan mobil secara detail mulai dari bagian luar hingga dalam, tak terkecuali bagian mesin. Balai lelang umumnya akan mengadakan open house beberapa hari sebelum lelang resmi berlangsung. Pada saat open house itulah, Anda dapat melihat kondisi mobil dengan seksama. Pihak lelang biasanya menyediakan informasi bagi para pembeli mengenai detail kondisi mobil yang ditempelkan pada bodi mobil. Pada saat open house berlangsung, Anda juga diberi kesempatan untuk membuka kap mobil hingga menyalakan mesin, agar Anda dapat mengetahui betul mengenai kondisi mesin mobil incaran Anda.

3.    Terdapat Berbagai Opsi Lelang

Teknologi kini sudah semakin canggih, kita dapat melakukan hal apapun dengan hanya menggunakan ponsel pintar atau smartphone. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah mengikuti lelang secara online. Di balai lelang IBID misalnya, Anda disuguhkan 3 opsi lelang yang dapat Anda pilih. Yang pertama lelang onsite, atau datang langsung ke lokasi saat lelang sedang berlangsung. Lalu ada live auction, atau mengikuti lelang real time melalui aplikasi. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki jadwal padat dan tak dapat hadir langsung di lokasi saat acara lelang berlangsung. Yang terakhir adalah lelang online, yaitu lelang yang dapat Anda ikuti tanpa terikat jadwal dan waktu. 

4.    Tak Hanya Membeli Namun Dapat Menjual

Di balai lelang, Anda tak hanya dapat membeli namun juga dapat menjual mobil melalui lelang. Tak hanya dari segi pembeli, dari segi penjual pun akan mendapatkan banyak keuntungan jika ingin menjual mobil melalui balai lelang. Berbagai keuntungan yang didapat adalah Anda tak perlu melakukan promosi saat akan menjual mobil, karena pembeli akan datang dengan sendirinya jika Anda menitipkan mobil di balai lelang. Selain itu, jika kondisi mobil Anda masih sangat baik, Anda dapat memasang harga sesuai dengan kondisi mobil Anda. 

Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Mobil di Balai Lelang!

Hal yang perlu menjadi perhatian Anda saat ingin membeli mobil di balai lelang adalah mengecek kelengkapan dokumen kendaraan seperti BPKP atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor serta tahun pajaknya, nomor mesin kendaraan, serta nomor rangka.

Tak lupa untuk melakukan riset pasar mengenai kisaran harga mobil incaran Anda, sehingga nantinya saat lelang berlangsung Anda tidak terbawa nafsu yang akan berdampak pada overprice atau harga terlalu tinggi dari harga pasaran.

Demikianlah 4 alasan mengapa Anda harus membeli mobil di balai lelang. Anda tertarik?


EmoticonEmoticon